Unbelievable!

Wow, aku bener-bener nggak nyangka bisa lolos SNMPTN, apalagi diterima di pilihan pertama, Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga. Wuiihh…gila!

Meskipun aku emang orangnya pesimistis (bangett), tapi kalo inget soal-soal SNMPTn kemaren…waahh, bikin aku down lebih dari biasanya. Terutama karena aku anak bahasa dan milih jurusan yang masih berhubungan dengan bahasa, yakni Ilmu Komunikasi dan Pendidikan Bahasa Jepang (Unesa), tapi waktu pertama kali lihat soal Bahasa Inggris…rasanya pengen mati.

Ceritanya nih aku tes di Unesa Lidah Kulon yang lumayan jauh dari rumah, dan sepi temen juga, soalnya temen-temen kebanyakan tes di Unesa Ketintang (dekeeeeettt XO). Untung meskipun sepi temen, tetep ada temen, deket lah pastinya sama mereka. Mereka adalah Froggy Nita (Ira) yang tak lain adalah maniak Archie dan kodok dari kelas SBI, dan satu orang lagi bernama Tutik yang merupakan temen masa SMP dan dia (kebetulan sekali) adalah teman Nita waktu SD (SD ato TK??). Tapi meskipun begitu, tempat ujian kami pisah. Aku dan Tutik di Fakultas Ilmu Pendidikan dan itu pun beda gedung, sementara Nita ada di Fakultas Keolahragaan.

Karena di gedung 3 (tempat tesku) nggak ada yang kukenal deket, maka setiap istirahat dan sebelum mulai tes kami selalu berkumpul. Hari pertama, ketika tes yang diadakan adalah psikotest dan pelajaran dasar (Mat, Bhs Inggris, Bhs Indonesia), aku bilang ke Nita kalo aku bener-bener takut sama Bahasa Inggrisnya. Lho?? Aneh emang, mengingat bahwa aku ini dari kelas bahasa. Tapi yaa…inilah aku, anak bahasa yang bodoh.

Takutnya sih lebih tepat cuman sama reading text, karena selama sebulan belajar buku soal SNMPTN taun-taun yang lalu, jawabanku selalu banyak yang salah dari soal reading text. Padahal reading text kan hampir separuh soal Bahasa Inggrisnya. Mana nggak ikut bimbel di manapun dan bimbingan SNMPTN di sekolah juga jarang banget (nantang banget!). Huuh..bener-bener sport jantung sebelum tes. Nita pun mendoakan agar soal Bahasa Inggrisnya nanti nggak ada reading text. Amiiinn..!! Meskipun nggak mungkin banget sih 😦 .

Waktu tes pun dimulai. Pengawas membagikan soal dan aku membukanya. Matematika. Lewat deh, abis-abisin waktu aja. Lagian jurusan pilihanku mestinya nggak akan terpengaruh sama hasil Matematika. terus buka Bahasa Indonesia. Ati-ati…oke selesai. Tapi nggak jelas tuh banyak yang bener ato malah kebalikannya 😦 . Buka Bahasa Inggris…wuiihh…seperti biasa, openingnya adalah reading text.
Relax, Bek..relax…
Baca soal pelan-pelan dan sangat amat teliti plus hati-hati…teruzz…teruzz..

Tiba halaman terakhir. Mati kaku. Mampuzz puzz puzzzz….

Reading text…reading text…reading text….semuaaaaaaaaaa…???!!?
apaaaaaaaaaaa….??!!??
Ke mana soal-soal grammarnya..??

Rasanya pengen pingsan saat itu juga. Rasanya pupus sudah harapan kuliah tepat waktu. Maklum, kalo SNMPTN gagal, aku mesti ikut SNMPTN taun depan karena ortu nggak bisa biayain kuliahku kalo masuk swasta, apalagi PMDK Umum. Waaahh…bisa-bisa nggak dikasih makan selama kuliah nih.

Kelar ngerjain, rasanya makin lemes aja. Rasanya pengen cepet-cepet keluar kelas, keluar gedung, teruz ketemu sama Nita n Tutik dan teriak keras-keras untuk meluapkan rasa depresi yang sudah sampai ubun-ubun.

Ketemu.

“Huww…Bahasa Inggrisnya tadi reading text semuaaaa…nggak ada grammarnyaaa..!!”

Tutik berpendapat sama denganku. Kami kesulitan dengan bahasa Inggris yang serba reading text itu. Tapi Nita, nggak perlu ditanya, dia pasti beres. Uuuggh..iri banget lihat dia nggak merasa depresi kayak aku 😥 .

Sampe rumah pun soal-soal itu nggak kujamah sama sekali. Jangankan aku buka buat dikoreksi, kukeluarin dari tas aja nggak. Aku biarin aja kertas keramat itu ngendon di dalem tasku.

Tapi sebulan kemudian, tepatnya tanggal 31 Juli 2009 akhirnya mendengar berita bahagia dan tentunya mengejutkan serta nggak diduga sedikit pun.

522111.

Wow 😀 . Aku sampe bingung mesti gimana waktu denger berita gembira itu dari Kuma.

Well, meskipun ngidamnya sesuatu yang berbau Jepang, tapi ya tetep bersyukur banget karena aku bisa lolos SNMPTN. Rasanya kayak menang undian 1 Milyar, hehhe :P.

Leave a Reply

