Jalan yang Dingin nan Gelap

Bosen.

Mungkin itu 1 kata pertama yang terlintas di otakku saat mutusin buat ubah rute pulang les hari Rabu kemarin (13 Oktober 2010).

Biasanya aku dan Kuma pulang les dari Jasmin yang lokasinya di Kalidami itu lewat Unair B. Tapi kemarin aku lagi pengen banget buat lewat jalan lain, yang sebenernya sih udah lumayan lama pengen ngelakuinnya, cuman nggak berani aja, takut kesasar, hehe.

Kalo dipikir sih, jalannya nggak susah. Cuman ya karena kami berdua sama-sama buta arah, mau dibawain peta pun nggak bakal bisa baca, dibawain kompas mungkin bakal jatuh di jalan, dituntun bisa jadi kehilangan jejak si penuntun, jadi deh jalan yang paling simpel sekalipun nggak bisa kami lewatin dengan baik dan benar. Termasuk kali ini.

So, pulang les sekitar jam 7-an (setelah membusuk nungguin Kuma ngopy video-video Korea dari mbak Zahra), aku langsung usul ke Kuma buat lewat jalan yang nggak biasanya kami lewatin begitu nyampe pertigaan. Dan karena Kuma oke aja, aku pun langsung tancap gas.

Jalan ini biasanya kulewatin kalo mau ke kampus C dari kampus B. Cuman, kalo ke kampus C mesti belok begitu nyampe perempatan ato apalah nyebutnya (berhubung ini nggak bener-bener perempatan), sementara aku mesti lurus terus kalo emang niatnya pulang. Jalan terus, sambil ngobrol dan nggak jarang ngakak-ngakak kayak orang kerasukan bareng Kuma, akhirnya kami nyampe di jalan yang ada opsi ’putar’ atau ’lurus terus’. Karena  aku nggak inget jalannya (padahal udah beberapa kali lewat sana :P ), maka aku pun pilih jalan putar.

Jalan memutar dilewati dengan baik. Tapi masalah kembali datang. Abis ngelewatin Gedung Wanita di jalan Kalibokor, kami ngadepin perempatan (yang ini beneran perempatan). Dan kebetulan jalan yang kami lewatin saat itu agak sepi.

”Kum, lewat mana nih? Belok, lurus?” tanyaku.

”Nggak tau, lurus aja deh,” saran Kuma.

And yes, karena aku ini anak baik dan penurut (baahh!), aku pun terus aja. Sekilas liat jalan yang belok kiri sih ada beberapa kendaraan sliwar-sliwer, tapi karena nggak tau itu nyambung ke mana, jadi aku lurus aja. Toh udah lewat, masa mau balik lagi, males.

Tapi lurus….lurus…..

”Beekk, jalannya kok gelap gini??” tanya Kuma ketakutan.

”Iya ya…lha tadi kamu bilangnya lurus aja sih,” jawabku agak merinding juga.

Yap…rasa nyesel langsung hinggap merayap. Bego, bego….kenapa juga mesti lewat sini..

Kuma dengan sedikit teriak ngomong ’gelap’ dan ’hikari’ (cahaya). Ya, selain jalannya sepi, di sana juga minim penerangan. Lampu jalan cuman dikit, warnanya pun kuning gitu , malah nambah kesan serem. Lama-lama nggak cuman Kuma, aku pun ikut teriak-teriak buat ngehibur diri, ngeramein jalanan yang lengang, nyinarin hati biar nggak ikutan gelap kayak pandangan mata. Dan kali ini nggak cuman ’sedikit teriak’, tapi udah bener-bener teriak-teriak kayak orang gila nan bego.

”Aahh…asoko de!! Hikari, hikari!! (Ah, disana! Cahaya, cahaya!!)” teriakku sambil tunjuk-tunjuk ujung jalan di depan yang emang nampak beberapa kendaraan sliweran.

”Mana?? Mana??” tanya Kuma ikutan teriak buat ngurangin rasa deg-degan karena takut.

”Asoko…asoko!! Hikari!!” teriakku makin kenceng, sambil nunjuk-nunjuk jalan dengan cara yang semakin anarki.

Kalo kugambarin, kurang lebih gayaku kayak peserta-peserta di Benteng Takeshi yang mau maju ngelewatin rintangan. Ato lebih lebay lagi, mirip gayanya orang-orang yang mau maju ke medan perang (nah lho!). Bener-bener nggak tau malu, malu-maluin, dan bego banget, karena emang sepi mamring, cuman liat 2 ato 3 orang di pinggir jalan.

Dan….setelah melewati jalan yang gelap, dingin, panjang namun tak berliku, tibalah kami di ujung jalan. Disambut oleh lampu penerangan di pinggir jalan, lampu-lampu pertokoan, lampu kendaraan bermotor, dan kendaraan bermotor yang dikendarai manusia tentunya, kami pun menghembuskan nafas lega. Haaaaaaaaaaahh….

Ternyata eh ternyata…setelah noleh ke tepi jalan pertama kali kami keluar, kami menemukan fakta…bahwa…kami….keluar dari jalan deket ALFA EXPRESS daerah Pucang. Ealaaaahh…. *backsound: suara jangkrik*

Advertisements

12 responses to this post.

  1. les apaan sensei?

    haahaha 😀
    emang biasanya lewat manyar ya?

    Reply

    • Posted by Jiyuu on October 17, 2010 at 9:44 am

      les Jepang, Nyol…di Jasmin, daerah Kalidami, deket Jojoran..
      gak sih, paling kalo lagi muter” gak ada tujuan ma mbakQ aja lewat situ, tapi gak sering…
      biasanya ya lewat Dharmawangsa lurus ke Ngagel,wkwk*

      Reply

  2. mampir lah sekali2 ke kampusku sensei 😀
    tengoklah muridmu ini 😆

    Reply

  3. deketnya GSG? kapan-kapan deh aku maen kesana 🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: