Payung Anti Hujan

Hampir semua orang di dunia tau kalo payung itu fungsinya melindungi kita dari hujan. Beberapa orang (terutama sih ibu-ibu) juga memanfaatkan payung untuk melindungi diri dari sinar ultraviolet yang aduhai sampe bisa bikin kita joget-joget kalo nggak pake alas kaki (ini di Surabaya ya, kalo di kota lain ato bahkan negara lain beda lagi ceritanya). Jadi rasanya nggak perlu lagi diperjelas lagi kalo payung emang buat melindungi seseorang dari hujan. Tapi tampaknya masih ada segelintir orang yang nggak tau fungsi payung dengan jelas. Aku nggak sengaja nemuin buktinya, nggak jauh dari rumahku.

Deket rumahku ada sebuah toko yang jual air isi ulang. Ya, di mana-mana udah banyak yang jual air isi ulang. So, buat narik pelanggan, nggak salah kalo pemilik toko memberikan semacam hadiah buat pelanggan setia. Nah, di toko yang letaknya nggak jauh dari rumahku ini memberikan kupon buat pembeli air isi ulang di toko itu (aku kurang tau apakah dapet kupon tiap isi ulang air 1 galon ato dihitung beberapa galon). Sejumlah kupon bisa dituker dengan hadiah yang udah disiapkan. Hadiah dengan jumlah kupon terbanyak kalo nggak salah bisa dapet sepeda gunung. Terus ada juga hadiah lain yang tampak kurang menarik minatku.

Tapi di antara barang-barang yang kurang menarik minatku itu, ada 1 barang yang sangat mencolok. Bukan menarik minat buat ngedapetinnya, tapi menarik karena, well, entah aneh ato tolol ato nggak disadari sama pemilik toko itu. Pertama kali aku liat sendirian, pas mau pulang entah kapan itu karena udah lumayan lama. Kedua kalinya aku liat sama seorang temen bernama Shima pas abis jemput dia di Stasiun Wonokromo. Terakhir sama mbakku yang nomer dua. Dan berapa kali pun aku liat, dengan siapa pun aku liat, dan tentunya siapa pun yang ngeliatnya pasti ngangkat alisnya, melotot, ngernyitin dahi, ato mulutnya sampe menganga ato gimana pun reaksinya, yang jelas bakal berakhir dengan ketawa ngakak tiada akhir.

Kalo liat tulisan panci anti lengket, rice cooker anti gores, obat anti nyamuk, mungkin udah biasa. Nggak ada yang heboh dari kata-kata itu.

Tapi gimana kalo ‘payung anti hujan’?
Yap, itulah yang aku liat sama Shima n mbakku di saat yang berbeda. Lengkapnya: PAYUNG ANTI HUJAN 35 KUPON.

Well, setelah ngobrak-abrik tumpukan bukuku n dengan sengaja cari catetan Bahasa Indonesia, akhirnya….akhirnya….kutemukan sebuah fotocopy-an tentang macem-macem majas yang kudapet pas jaman SMP (masih ada ya..). Kucoba cari n cari, nemu deh satu majas yang kupikir cocok buat nganalisis kata-kata itu (whoshh bahasanya boo~), meskipun rasanya nggak begitu pas juga: Majas Pleonasme (memberikan keterangan dengan kata-kata yang maknanya sudah tercakup dalam kata yang diterangkan atau mendahului). Hmmm…sebagai contoh sih ‘samudera luas’ n ‘darah merah’.

Yah, kupikir semua orang pasti tau kalo payung  itu buat melindungi orang dari hujan, kayak yang kubilang sebelumnya. Tapi siapa sangka kalo ternyata ada yang belum tau, n toko air isi ulang itu berbaik hati memperjelas fungsi dari sebuah payung. Ato mungkin, toko itu mau ngeyakinin pembelinya kalo payung  yang mereka siapin itu udah ngelewatin tes uji coba kelayakan payung? Ya, nggak tau lagi deh 😕 .

Advertisements

4 responses to this post.

  1. Mungkin aja yang bikin kupon hadiah guru bahasa Indonesia 😆
    Andai saja dikasih tulisan payung anti sinar UV bisa-bisa habis duluan tuh payung 😀 hihihi

    Reply

    • Posted by Jiyuu on January 31, 2011 at 7:17 pm

      omaigat…nggak nyangka kalo misalnya yg bikin itu guru bahasa Indonesia… 😯
      hahaha…iya, pasti laku keras kalo tulisannya anti sinar UV 😆

      Reply

  2. Posted by Kuma on January 31, 2011 at 8:58 am

    omegot….
    pasti pemilik toko aer isi ulangnya dapet pahala banyak…
    dia kan membagi ilmu pengetahuannya pada khalayak ramai…@,@

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: