I Am Not a Lesbian!

Hari ini, Sabtu, 14 Mei 2011, Ilmu Komunikasi Unair lagi ngadain acara berskala nasional dalam memperingati HUT Komunikasi yang ke-23. Aku yang biasanya paling males ikutan bantu-bantu di acara macem gini, entah kesambet apa aku ngiyain aja request temenku buat jadi LO peserta lomba paper. What is LO? Sejujurnya aku juga nggak tau, haha. Tapi kata seseorang (bukan maksud merahasiakan identitasnya, tapi aku lupa siapa yang bilang), LO adalah singkatan dari Liaison Officer. Iya? Nggak? Iya, nggak, iya, nggak…..ya nggak tau lah. Pokoknya intinya sih kerjanya LO itu kayak pengawal? Pemandu? Pembantu? Eh nggak sampe kayak gitu ding, hehe. LO sih bertanggung jawab atas orang yang bersangkutan, kalo aku ya berarti bertanggung jawab atas peserta paper.

Nah, hari ini para peserta lomba paper wajib mempresentasikan paper-nya. Dibagi 2 sesi dan masing-masing sesi ada beberapa panel yang diisi beberapa tim. Nah peserta yang ku-handle ini kebagian di sesi 2 yang waktunya jam 1 siang. Selama nungguin jam 1 itu semua peserta dari sesi 2 diminta masuk ke panel-panel (semaunya si peserta) dari sesi 1. Abis itu ishoma, terus lanjut sesi 2.

Tim yang ku-handle ini masuk panel Cyber-Feminism dan Seksualitas. Pertama kali dapet daftar panelnya, aku langsung tertarik sama panel ini, khususnya karena ada tim asal Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, yang bikin paper berjudul “Facebook: Satu Strategi Komunikasi Bagi Kaum Pecinta Sesama Jenis (Lesbian)“. Kalo cuma sesama jenis aja sih mungkin aku biasa aja, tapi karena tentang lesbian inilah aku jadi pengen banget masuk panel itu. Ya kalo gay kayaknya lebih gampang dikenali dan lebih ‘nampak’, sementara aku sampe sekarang belum pernah tau (ato nggak ngeh) kayak gimana sebenernya lesbian itu, terutama di dunia maya. Dan beruntung banget karena ternyata tim yang ku-handle ada di panel yang sama kayak tim dari Bali itu (LO harus ikut di panel mana pun pesertanya berada)~

Dan presentasi tim asal Bali itu bener-bener memuaskan, nggak cuma aku, tapi hampir semua orang yang masuk dalam panel itu. Penelitiannya menurutku jelas banget, nggak sekedar diawang-awang karena mereka banyak banget kasih contoh konkritnya. Dan beberapa contoh lumayan bikin aku tertohok.

Kenapa?

Karena dari beberapa contoh yang disebutin, secara nggak sengaja aku biasa mempraktekkan apa yang dilakuin para lesbian secara verbal.

Jadi, yang pertama adalah tentang panggilan para lesbian ke pasangannya. Kata si presenter, panggilan yang mereka kasih buat pasangannya itu jarang dipake sama pasangan cowok-cewek. Misalnya aja panggilan ‘ayah-bunda‘. Hmmm…kalo panggilan ini sih pasangan normal ada yang pake. Tapi, aku langsung sadar…

Jadi singkat cerita, aku punya temen orang Solo, cewek. Aku lupa awalnya gimana, pokoknya aku manggil dia ‘mami‘ dan dia manggil aku ‘papi‘. Hey, ok, fine.Mami-papi‘ nggak ada bedanya ma ‘ayah-bunda‘. Tapi aku….aku…..swear, aku masih normal dan aku bukan lesbian!

Yang kedua, dalam kaum lesbian dikenal istilah butch (lesbian yang berperan sebagai cowok), femme (lesbian yang berperan sebagai cewek), dan andro. Apa itu andro? Andro itu istilah buat lesbian yang bisa jadi cewek, bisa juga jadi cowok. Jadi dia ini fleksibel.

Terus apa yang menohok buatku?

Karena biasanya aku kalo lagi iseng ditanyain ma temen-temenku ‘aku cewek ato cowok?’, aku biasanya jawab, “Oh, terserah. Aku bisa jadi cewek, bisa jadi cowok. Tinggal menyesuaikan aja kalian maunya gimana. Fleksibel kok.”
Hey, ok, fine (lagi). Abis denger contoh yang dikasih presenternya, aku tiba-tiba merasa…..Oh my God, aku masih normal, kan? Iya kan?’ >>pertanyaan yang dilontarkan kepada Tuhan dengan keraguan
Ah sudahlah lupakan….pokoknya aku masih normal. I’m not lesbian!

9 responses to this post.

  1. kayaknya perlu penyelidikan lebih lanjut tuh..
    periksa ke kuma aja gih gratis, daripada ke psikiater bayar mahal 😆 hihihi…

    Reply

  2. Posted by ekagcege on May 15, 2011 at 9:18 pm

    uuu… kamu kan pacalkuuu bebii~ :*:*

    Reply

Leave a Reply

