Donor Organ dan Kuburan

Ini ceritanya terjadi minggu lalu, tapi aku lupa hari apa. Tapi mestinya kalo nggak hari Selasa, ya Kamis (kayaknya cuma 2 hari itu yang bisa kuingat, plus Sabtu n Minggu, ๐Ÿ˜† ). Waktu itu lagi di PMPM Psikologi, di ruang operator sore hari. Kuma lagi ngenet n aku entah ngapain, nggak inget. Dia bertanya-tanya di mana bisa ndonorin organ tubuh. Kayaknya dia niat banget pengen donor. Beberapa hari lalu dia liat spanduk di kampus ada acara donor darah. Tapi karena ternyata acaranya hari Minggu, โ€Bek, kamu nggak mau ke kampus ta hari Minggu?โ€

โ€Kalo kamu mau ngasih kacang ijo ato makanan apapun yang kamu dapet abis donor ke aku, kuanterin deh. Tapi buat aku semua~! ๐Ÿ˜€ โ€ *tampang berbinar-binar* #lalim

N akhirnya dia urungin niat buat donor darah, wkwkw~ ๐Ÿ˜†

Yak, lanjut. Karena sama-sama nggak tau, akhirnya dia pun tanya ke mbah gugel.

โ€Mbah, mbah….jadi siapa jodohku di masa depan?โ€ #eh

N dia pun nemu: di RSCM, kalo nggak salah inget, hehe.

Waaah….jauh nian. Aku juga tanya, organ apa aja yang bisa didonorin. Di antaranya sih ada jantung, paru-paru, kornea…………apalagi ya? Lupa dah. +________+

โ€Terus ntar kalo mati aku mau dikremasi aja. Terus abuku ditebarin di laut Jepang,โ€ kata Kuma lagi.

Heh? Dikremasinya masih mending, tapi nebar abunya di laut Jepang? =_______=

Ternyata dia pengen dikremasi biar hemat lahan n hemat duit juga. Kan kalo dikubur mesti beli tanahnya. Tapi barusan juga aku mikir (telat ya), emang proses kremasi nggak bayar? Ato dia mau bakar diri sendiri? K #okefine

โ€Tapi lho, Kum, kalo dikubur kan kamu bisa berguna: nyuburin tanah.โ€

Ya, kan di Al-Qurโ€™an disebutin kalo manusia tercipta dari tanah dan akan kembali ke tanah. Lagian, kalo dari pelajaran Biologi, makhluk hidup yang udah mati akan membusuk n diuraikan oleeeeeeeeeeehhh…….oke, maaf aku lupa. +___________+

Jadi, intinya, kalo manusia mati terus dikubur kan jasadnya diuraikan (oleh entah apa), n dari situ bisa nyuburin tanah. Iya, kan? (iya nggak sih?)

โ€Oh, iya! Berarti aku lebih berguna daripada orang-orang yang beriman ya!โ€ kata Kuma dengan nada penuh kebanggaan.

Heran? Hmmm, jadi begini:

Kan banyak cerita kalo orang yang beriman, pokoknya selama hidupnya jadi orang yang baik banget, jasadnya yang dikubur bakal wangi. Bahkan mpe bertahun-tahun jasadnya nggak hancur sama sekali. Nah, kalo jasadnya nggak hancur, berarti kan nggak berguna buat nyuburin tanah, n jadinya malah menuh-menuhin lahan kuburan. Gitu~

Tapi jadi bingung juga….mana yang mestinya bisa dibanggain ya? Jasadnya terurai, ato jadi orang beriman yang jasadnya tetep utuh? ๐Ÿ˜

Advertisements

12 responses to this post.

  1. Posted by ginohamasaki on September 26, 2011 at 6:27 pm

    Semuanya bermanfaat sensei, termasuk yang utuh maupun yang tidak utuh/ membusuk, klo yg utuh itu sebagai pengingat bahwa kematian itu pasti datang, tak ada yang abadi, dan juga bukti ketaatan mayat yg bersangkutan kepada Tuhan.
    ๐Ÿ™‚

    Reply

  2. jasa-jasanya yang bisa dibanggain ii-chan. bukan jasadnya… ๐Ÿ™‚

    Reply

    • Posted by Jiyuu on September 30, 2011 at 4:13 pm

      ehhhehe wakatta nee ๐Ÿ˜›

      Reply

      • coba bikin postingan Multiple Disorder.keknya seru kalau kau bahasakan..hehehe

      • Posted by Jiyuu on October 1, 2011 at 10:59 am

        hoo…iya ya~ ๐Ÿ˜€
        tapi aku nggak tau banyak soal multiple disorder. Itu masuk Psikologi Abnormal kah? ๐Ÿ˜€ *berbinar-binar*
        Otreh, lain kali kalo lagi mood n nganggur bakal Qtulis tante-tante yg punya banyak alter ego itu, hehe ๐Ÿ˜›
        (sek ta….aku ini mahasiswi jurusan apa sih?)

      • Secara formal gak pernah diajarin Multiple Disorder, kurang tahu kalau di Klinis. saya kan Pendidikan.hhee…
        Iya..tulis aja..sekalian teori2 psikologinya..hahahaha

      • Posted by Jiyuu on October 8, 2011 at 2:16 pm

        aigoo….lha kok pake teori” segala? Teori komunikasi aja nggak nglontok”, sekarang malah mau belajar teorinya psikologi, ckck *geleng2*

  3. lama gak berkunjung ternyata isi tulisan blog sensei masih seputar hal2 bego ๐Ÿ˜†

    gimana kabarnya sensei?

    Reply

    • Posted by Jiyuu on September 30, 2011 at 4:16 pm

      hahha…yg bener berusaha sekuat mungkin buat nulis hal” bego, biar blogku nggak ikutan stress kayak aku~ ๐Ÿ˜›
      Kabarku…..lagi gila karena kuliah..pengen kabur, hahah ๐Ÿ˜›
      Gimana kuliahmu? Asik? ๐Ÿ˜€

      Reply

      • asik.. main-main tok pokoknya mata kuliahku hwahahaha xD
        *cukup menyesal kenapa gak dari dulu aja kuliah di jember

      • Posted by Jiyuu on October 12, 2011 at 9:17 am

        menyesal itu kalo kamu tau kamu bisa tapi nggak terlaksana (andai ini fb pasti aku udah poke si Kuma,wkwk~)
        Ya…selamat menikmati universitas baru, semoga betah, hoho~ ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: