3 Pintu 1 Sumber

Masih di Sumenep, kali ini setting cerita ada di Keraton Sumenep yang posisinya nggak jauh dari alun-alun. Hari Minggu, 18 Desember 2011 pagi, kami semua pergi ke Dinas Pariwisata Sumenep buat ngelaporin hasil penelitian kami tiap kelompok. Nah, deket banget dari Dinas Pariwisata itu ada Keraton Sumenep. Dan nggak disangka-sangka, dosenku malah nyuruh anak-anak yang belum ke Keraton buat liat-liat keraton. Mana ada pula temenku yang dikasih duit buat bayar tiket masuknya, heeeee….. #terpana

Jadi, aku pun masuk ke Keraton bareng temen-temen yang lain. Aku masuknya agak ketinggalan sih, jadi nggak ngerti penjelasan dari guide-nya. Aku ma beberapa temenku ngikut rombongan yang lain masuk ke sebuah tempat yang disebut Taman Sare.

Taman ini bukan taman buat tiduran…..bukaaaaan~

Taman Sare

Taman Sare

Taman Sare ini kalo nggak salah sih tempat pemandian di Keraton itu. Di sana, aku liat banyak orang nyemplung pemandian itu sambil mbasuh muka. Padahal airnya dari jauh udah keliatan banget kotornya. Errrr…..=_________=

Setelah kuliat lebih deket, ternyata di Taman Sare itu ada 3 pintu (bukan pintu beneran, cuma maksudnya jalan masuk ke Taman Sare gitu). Ada kepercayaan di sana, kalo masuk:

1. pintu 1 diyakini bisa bikin awet muda, memperlancar jodoh n keturunan

Pintu 1: awet muda, memperlancar jodoh & keturunan

Pintu 1: awet muda, memperlancar jodoh & keturunan

2. pintu 2 diyakini bisa meningkatkan karir dan pangkat

Pintu 2: meningkatkan karir & pangkat

Pintu 2: meningkatkan karir & pangkat

3. pintu 3 diyakini bisa meningkatkan iman n taqwa

Pintu 3: meningkatkan iman & ketaqwaan

Pintu 3: meningkatkan iman & ketaqwaan

 Di antara ketiga pintu itu, sudah jelas yang paling bisa bikin makhluk-makhluk pencari jodoh macem Nenek n Kuma jadi kegirangan setengah mampus adalah pintu 1. Tapi sebelum mereka berniat ke Keraton Sumenep n nyemplung Taman Sare (ato bahkan berniat mandi di sana??), kayak aku perlu ngasih tau sesuatu lebih dulu.

Sebenernya, Taman Sare itu emang punya 3 pintu, tapi sumbernya ya cuma 1. Jadi aku nggak ngerti apa poinnya ngebeda-bedain pintu 1 buat apa, pintu 2 buat apa, pintu 3 buat apa. Tapi ya sudahlah, itu masalah kepercayaan masyarakat setempat.

Tapi yang paling parah adalah……………………Taman Sare itu airnya nggak bersih, men. Ditambah lagi……….setelah kuperhatiin baik-baik…..ternyata, di dalemnya ada banyak ikan! 😯

Gitu kok ya orang-orang pada nyemplung n mbasuh muka di sana ya? 😯 (oke, sekali lagi itu masalah kepercayaan masyarakat setempat, Bek)

Daripada nyemplung buat mbasuh muka…………kenapa nggak ngambil ikannya aja ya? Lumayan buat dimakan. 😐 *langsung dihajar massa*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: